Software Engineering || SMK Negeri 1 Mejayan

Saturday, March 07, 2015

Smart City

Smart City disebut juga Kota Pintar. Sebuah kota pintar (smartcity) menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan, untuk mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, dan untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya. 

Sektor kunci 'pintar' termasuk transportasi, energi, kesehatan, air dan limbah. Sebuah kota yang cerdas harus mampu merespon lebih cepat untuk kota dan tantangan global dari satu dengan 'transaksional' hubungan sederhana dengan warganya.

Yang menarik dari smart city ini adalah smart city dimotivasi oleh tantangan utama, termasuk perubahan iklim, restrukturisasi ekonomi, pindah ke ritel online dan hiburan, populasi penuaan, dan tekanan pada keuangan publik.


View More --> Wikipedia

 
A. Karakteristik Smart City

Telah dikemukakan bahwa kota pintar (juga masyarakat, kelompok bisnis, aglomerasi perkotaan atau wilayah) menggunakan teknologi informasi untuk :   

1) Membuat lebih efisien penggunaan infrastruktur fisik (jalan, lingkungan dibangun dan aset fisik lainnya) untuk mendukung kuat dan sehat ekonomi, sosial, pengembangan budaya. 

2) Terlibat secara efektif dengan orang-orang lokal dalam pemerintahan daerah dan keputusan dengan menggunakan proses inovasi terbuka dan e-partisipasi dengan penekanan pada partisipasi warga dan co-desain.




3) Belajar, beradaptasi dan berinovasi dan dengan demikian merespon lebih efektif dan segera untuk mengubah keadaan.


B. Sepuluh Elemen pada Smart City dan Perananya
  • Infrastruktur
  • Modal
  • Aset
  • Perilaku
  • Budaya
  • Ekonomi
  • Sosial
  • Teknologi
  • Politik
  • Lingkungan 

C. Perbedaan Smart dan Intellegence 

Smart berarti pintar, dalam hal ini pintar berarti mampu melakukan sesuatu dengan baik, teratur, dan rapi, sesuai dengan aturan/etika yang berlaku, serta mampu menyerap informasi dengan baik dan cepat, sebagai hasil dari pembelajaran (proses belajar kontinue). Perbedaan dengan kecerdasan (intellegent), dimana lebih ditekankan pada improvisasi dan ide-ide kreatif, dengan terkadang tidak menghiraukan aturan yang berlaku. Kecerdasan merupakan sebuah potensi, yang apabila diasah dan dikelola dengan baik, akan menciptakan kepintaran terhadap satu atau beberapa buah bidang. Sebaiknya pintar tidak berangkat dari kondisi/potensi cerdas, tetapi sebagai hasil dari proses belajar secara kontinu dan terus - menerus untuk menjadi lebih baik.  
 

D. Enam Jenis Pembagian Smart City

Smart City dibagi menjadi 6 , yg meliputi :

  • Smart Economy
  • Smart Mobility
  • Smart Governance
  • Smart People
  • Smart Living
  • Smart Environment

Set Up Apache Virtual Hosts On Linux Mint

Web server Apache adalah cara yang paling populer melayani konten web di internet. Apache menyumbang lebih dari setengah dari semua situs web yang aktif di internet dan sangat kuat dan fleksibel.
komponen dalam unit individu yang dapat disesuaikan dan dikonfigurasi secara independen. Unit dasar yang menggambarkan situs individu atau domain disebut virtual hosts.

A. Software Requirments

1. sebelum membuat virtual hosts anda harus melakukan update dulu.
sudo apt-get update

2. Kemudian anda harus install apache2
sudo apt-get install apache2

B. Langkah-langkah

**) Saya membuat virtual hosts nya dengan nama saya sendiri (pphadma.com)

1. Membuat direktori pada dokumen root. Disini saya akan membuat file public_html untuk menyimpan file-file.
sudo mkdir -p /var/www/html/pphadma.com/public_html

2. Jika ingin user biasa dapat memodifikasi file dalam direktori web, kita dapat mengubah kepemilikan dengan cara 
chown -R $USER:$USER /var/www/pphadma.com/public_html/

3. Kita juga harus memodifikasi izin untuk memastikan bahwa akses baca diperbolehkan untuk direktori web umum dan semua file dan folder di dalamnya sehingga halaman dapat dilayani dengan benar

 chmod -R 755 /var/www/

4. Kemudian , buka file index.html nya.
nano /var/www/pphadma.com/public_html/index.html

Disini kita akan menulis syntax html sederhana untuk tampilan awal ketika dijalankan di browser.
** Ex :

simpan filenya (Ctrl+x , y , enter)

5. Membuat file virtual hosts dengan cara menyalin (copy) dari file default-nya untuk domain.
cp /etc/apache2/sites-available/000-default.conf /etc/apache2/sites-available/pphadma.com.conf

6. Buka file baru dalam editor dengan hak akses root :

nano /etc/apache2/sites-available/pphadma.com.conf

ubah file-nya menjadi seperti ini :


Simpan file-nya (Ctrl+x , y , enter)

7. Sekarang kita sudah membuat file virtual host kita, kita harus mengaktifkannya.
 a2ensite pphadma.com.conf

Restart apache anda :
service apache2 restart

8. Edit file lokalnya dengan cara :
nano /etc/hosts
 Edit file-nya seperti berikut :


 Buka browser anda :
http://pphadma.com


Jika berhasil , maka akan muncul tampilan seperti diatas. Sekian. Maaf jika ada kekurangan dan Mohon koreksinya.
Terima Kasih..... 

Friday, March 06, 2015

Fitur Chatting Dengan Zopim Pada SLiMS

SLiMS bisa diedit sedemikian rupa menggunakan fitur-fitur yg telah disediakan sehingga berubah menjadi sebuah aplikasi manajemen perpustakaan yg bagus.
Salah satunya adalah fitur chatting.
Fitur Chatting yg akan dibahas kali ini bersifat tempelan artinya databasenya tidak terintegrasi ke dalam SliMS. Layanan chatting ini menggunakan layanan dari zopim.com.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Pertama , anda harus membuat akun (sign up) di zopim.com untuk mendapatkan akun percobaan selama 14 hari.



2. Setelah itu silahkan check e-mail anda , untuk konfirmasi akun



3. Setelah melakukan konfirmasi maka akan ada beberapa isian data yg harus diisi.Kemudian kita bisa menuju ke Dashboard


4. Pada halaman Dashboard akan muncul pop up selamat datang dan silahkan klik next



5. Silahkan isi data lengkap anda dan klik next


6.  Kemudian akan muncul code Embed Widget yg akan ditempelkan pada SLiMS. Silahkan copy code tersebut.


7. Langkah berikutnya adalah menempelkan code embed widget tersebut ke halaman index template SLiMS. 
Buka file index_template.inc.php  pada template yg digunakan di SLiMS.
(slims/template/nm_template) dan sisipkan kode embed pada bagian footer tepatnya di bawah grid_5, kurang lebih seperti berikut :


8. Kemudian buka SLiMS nya. Jika tidak ada kesalahan maka akan muncul fitur chatt nya.


9. Sekarang kita coba aplikasinya , disini saya mencobanya dengan diri saya sendiri.


10. Silahkan coba check e-mail yg anda kirimi chat.


Sekian , maaf jika ada kesalahan. Mohon koreksinya.
Terima Kasih...

Catatan :
SLiMS yg bisa dipasangi chat tersebut adalah SLiMS yg berada di internet. 




Tutorial dari Go SLiMS Blog

Thursday, March 05, 2015

Mengubah Template Pada SLiMS

Melanjutkan posting kemarin , kali ini saya akan membahas mengenai mengganti template atau tema pada SLiMS.
Langsung saja...

1. Template SLiMS bisa di download pada Komunitas SLiMS Jepara atau yg lainnya.
Setelah di download copy-kan file nya pada direktori /var/www/html/slims/template

2. Kemudian , extract file nya.
 

3. Buka SLiMS pada browser dan login sebagai admin.





4. Kemudian pilih tab System pada nav. bawah kemudian pilih Public Template dan pilih tema sesuai yg sudah di download tadi.



Klik Save
 
5. Reload / Refresh SLiMS kalian , dan template sudah bisa di lihat.




 
Selesai , maaf jika ada kekurangan dan mohon koreksinya.
Terima Kasih....



Wednesday, March 04, 2015

Edit OpenEMR --> Membuat Jadwal (Schedule) Pasien

OpenEMR telah menyediakan fitur Calender untuk mengatur jadwal atau schdule pasien maupun dokter.

B. Membuat Jadwal Pasien

1. Login pada OpenEMR dengan username dan password sebagai administrator 





Bagi pengguna yang bukan praktisi , seperti seseorang yang bekerja di meja depan, Calender akan menampilkan jadwal semua praktisi di klinik secara default. Ketika pertama kali mulai menggunakan OpenEMR akan perlu mengatur jadwal untuk semua praktisi .  

2. Masuk pada daftar pasien , Patient/Client --> Patients kemudian klik pada  nama salah satu pasien yg akan dibuat jadwalnya.



Maka akan muncul tampilan seperti ini :




3. Klik Appointments (collapse) pada sidebar sebelah kanan , kemudian klik button Add.




Klik pada tab Patient. Pilih Estabilished Patient pada menu dropdown Category.
Isikan jadwal pasiennya. Klik button Find Available , maka akan muncul dialog box berikut :


4. Setelah di Save maka akan muncul tampilan berikut pada halaman Home


Jika ingin menambahkan pasien yg baru saja datang , maka pada pilihan Category bisa dipilih Arrived.

Sekian , Maaf jika ada kekurangan dan mohon koreksinya.
Terima Kasih...



Tuesday, March 03, 2015

Edit OpenEMR --> Membuat Jadwal (Schedule)

OpenEMR telah menyediakan fitur Calender untuk mengatur jadwal atau schdule pasien maupun dokter.

A. Membuat Jadwal Dokter

1. Login pada OpenEMR dengan username dan password sebagai administrator




Bagi pengguna yang bukan praktisi , seperti seseorang yang bekerja di meja depan, Calender akan menampilkan jadwal semua praktisi di klinik secara default. Ketika pertama kali mulai menggunakan OpenEMR akan perlu mengatur jadwal untuk semua praktisi .

2. Langkah kedua adalah pilih pada list 'Providers' (di bawah jendela Calender) , Kemudian klik pada jadwal waktu untuk memasukkan jam kedatangan Dokter ke tempat kerja.


3. Maka akan muncul dialog box 'Add New Event'.
Klik tab Provider dan pilih "In Office" dari menu dropdown 'Category'.





Kalian juga dapat memilih untuk membuat jadwal berulang, yang memungkinkan kalian untuk mengatur acara hanya sekali untuk diberikan
periode waktu. 

Lakukan ini dengan memilih checkbox 'Repeat', dan pengaturan frekuensi yang tepat & lama.



Jika sudah selesai klik 'Save' untuk memperbarui Calender. Sekarang kalian akan melihat blok slot waktu yang tersedia untuk Jadwal itu.
Scroll ke bawah dan klik pada waktu yg dijadwalkan untuk meninggalkan kantor.






Buat juga jadwal untuk pulang atau jam selesai kegiatan dokter seperti langkah di atas.


Kemudian buat juga jadwal makan siang dokter.


Sekarang kalian dapat melihat jadwal lengkap dokter yg ada pada halaman Calender.

Monday, March 02, 2015

Edit OpenEMR --> Address Book

Masih dengan OpenEMR , kali ini saya akan membahas mengenai penambahan Address Book pada OpenEMR.
OpenEMR ternyata juga mengandung built-in Address Book untuk menyimpan informasi kontak yg berguna untuk staf serta dokter , klinik , dll yg kemudian kantor dapat menghubungi secara teratur.

Caranya sangat mudah , yaitu :

1. Klik menu Miscellaneous pada sidebar sebelah kiri. Kemudian pilih Addr Book.

 Klik pada nama user yg akan diedit

2. Isikan biodata usernya.

Klik Save

3. Setelah selesai di edit maka akan muncul tampilan sebagai berikut.


Sekian , maaf jika ada kesalahan. Mohon koreksinya.
Terima Kasih...