Software Engineering || SMK Negeri 1 Mejayan

Monday, February 02, 2015

Memberi Menu Dropdown Pada Dashboard Drupal

Menu Dropdown adalah menu berupa daftar urutan dari short-cut baik internal maupun eksternal. Menu ini biasanya ditampilkan di bagian atas atau samping dari suatu website. Menu yang ditampilkan secara dropdown biasanya memanfaatkan sebuah even dari mouse berupa klik ataupun hover.
Fungsi dropdown menu ini adalah untuk mengurangi accses-page pada halaman tertentu
sehingga mempermudah pengguna untuk menuju suatau halaman.

Kali ini saya akan membuat sebuah tips , bagaimana membuat dropdown menu pada dashboard drupal 7.34. Langsung aja yah...

Tampilan awal dan sesudah dibuat menu dropdown




1. Untuk membuat menu dropdown seperti diatas , yang dibutuhkan adalah menginstall sebual Module dari drupal 7.34 itu sendiri. Caranya , download di website resmi drupal.




Klik "Refine your search" di bawah kolom search , pilih kategori Modules.

2. Scrool ke bawah , ketikkan "Administration menu" di kolom "Search again" , klik "Search". Setelah muncul klik pada pilihan "Administration menu".



3. Scrool page nya kebawah , cari tulisan "Downloads" dan silahkan download module nya , terserah mau download yang ekstensi .zip atau .tar.gz . Oiya , harus disesuaikan dengan versi drupal nya ya..



4. Setelah selesai di download , masuk ke tab dashboard drupal kalian. Klik menu "Modules" , Setelah itu klik tulisan "Install new module" .



5. Kemudian "Browse" file module yg tadi di download. Klik "Install"



6. Setelah proses instalasi selesai klik "Enable newly added modules" untuk mengaktifkan module yg baru di install tadi.




Klik "Run cron"



Scrool page ke bawah centang kotak "Administrator menu" dan klik "Save conviguration"



7. Refresh page dashboard nya , dan selesai !!! Menu dropdown pada dashboard drupal 7.34 sudah bisa digunakan.




Karena masih ada toolbar di bawah menu dropdown nya , jadi harus dihilangkan. Caranya scrool page nya ke bawah cari tulisan "Toolbar" dan hilangkan tanda centang nya. Klik "Save Configuration"




Jadinya seperti ini 



Sekian tutorial kali ini , maaf jika ada kesalahan. Terima Kasih....

0 komentar:

Post a Comment