Software Engineering || SMK Negeri 1 Mejayan

Monday, January 19, 2015

Pengenalan Bootstrap

Apa itu Bootstrap?
Bootstrap adalah platform baru yang dikembangkan tim twitter. Pertama kali muncul pada ajang hackweek dan kini sudah mulai penyempurnaan. Platform ini hanya menggunakan sedikit coding CSS dan JavaScript namun tetap bisa membuat website yang powerfull mengikuti
perkembangan browser. Website yang menggunakan bootstrap akan menjadi website yang fleksibel, nyaman dan tentu saja cepat.
Bootstrap juga memudahkan pengaturan website bagi mereka yang kurang mahir coding atau tidak punya waktu banyak. Sekumpulan javascript dan CSS yang dibutuhkan untuk banyak sekali widget ada dalam satu file yang terus di update oleh pengembang. Pemilik website tidak akan lagi disibukkan dengan pengaturan css atau javascript berlebihan. Mereka hanya perlu menentukan gadget atau elemen apa yang ingin ditampilkan dalam bentuk HTML standart bootstrap yang sangat simple.
Misalkan untuk menambahkan menubar di blogspot, maka perlu menyisipkan file CSS, HTML bahkan JavaScript untuk effect tertentu. Kemudian ketika ingin menambahkan dropdown menu, maka per widget, paling tidak butuh menambahkan CSS dan HTML lagi. Belum lagi jika ingin lebih menarik akan dibutuhkan javascript tambahan. Begitu seterusnya setiap penambahan widget selalu dibutuhkan banyak kode. Tapi setelah instalasi bootstrap, hanya perlu menambahkan kode HTML nya saja.
Alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan bootstrap adalah :
  1. Waktu pembuatan yang lebih cepat
  2. Template yang menggunakan bootstrap lebih rapi dan ringan
  3. Responsive dan tidak responsive
  4. Banyak template bootstrap yg open source / gratis sebagai contoh
Kekurangan menggunakan bootstrap adalah :
  1. Minim gambar karena menggunakan CSS3
  2. Belum mampu memberikan tampilan yang sesuai di semua web browser
  3. Membuat kita menjadi kurang kreatif karena terpaku dengancoding yang dikembangkan oleh developer

Link resmi yang bisa dikunjungi :
  1. www.getbootstrap.com/
  2. www.w3schools.com/bootstrap/
  3. www.github.com/twbs/bootstrap








0 komentar:

Post a Comment