Software Engineering || SMK Negeri 1 Mejayan

Wednesday, February 18, 2015

Sedikit Pengetahuan Tentang Front-End dan Back-End Developer


Sebagai seorang siswa yang sedang belajar mengenai dunia pemrograman web , pada awalnya saya sangat bingung dan penasaran jika ada orang yg bilang mengenai Front-End dan Back-End Developer.
Kemudian saya coba browsing dan tanya kepada orang yg ahli tentang apa itu Frond-End dan Back-End Dev. dan saya pun menemukan sedikit pengertian nya.
Bagi kalian yg belum mengenal ataupun belum tahu , kali ini saya akan menulis mengenai Front-End dan Back-End. Simak ya...

A. Front-End Developer 

Seorang yg ada dibidang ini biasanya lebih fokus pada tampilan luar sebuah aplikasi (layout) nya. Mereka bertanggungjawab pada sisi implementasi HTML , CSS dan JavaScript. Mereka dituntut agar tampilan (layout) sebuah web terlihat bagus , artistik dan menarik. Selain itu juga agar user mudah mendapatkan informasi yg dibutuhkan.
Seorang Front-End Developer dituntut untuk bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti HTML , CSS , JavaScript dan JQuery.

Mereka juga di khususkan untuk memastikan bahwa ketika pengguna membuka situs mereka melihat informasi dalam format yang mudah dibaca dan relevan. Mereka perlu memastikan bahwa situs mereka muncul dengan benar di browser yang berbeda (cross-browser), sistem operasi yang berbeda (cross-platform) dan perangkat yang berbeda (cross-device), yang membutuhkan perencanaan yang matang di situs pengembang. 


B. Back-End Developer

Untuk Back-End Dev. biasanya lebih fokus pada fungsi-fungsi dari web yg dibuatnya , misalnya membuat form registrasi. Back-End lebih spesifik pada program dan script (source code) yg bekerja pada server yang bekerja dibelakang layar dan membuat situs web menjadi lebih dinamis dan interaktif. Mereka harus menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti PHP , SQL , Java , dsb.


Jadi , intinya seorang Front-End Developer bertugas untuk mendesain tampilan (layout) luarnya agar terlihat menarik , sedangkan Back-End Developer bertugas untuk membuat web / aplikasi agar bisa berjalan sesuai keiinginan , dinamis dan interaktif dengan source code nya.
Itulah sedikit pengetahuan yg saya tahu mengenai Front-End dan Back-End. Terima kasih sudah membaca. Maaf jika ada kesalahan...


Sumber : Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts